Jenis Jenis Kerangka Pada Manusia

Jenis-Jenis Kerangka Pada Manusia

Rubuh manusia yang bisa berdiri tegak dan bisa bergerak disebabkan karena adanya kerangka yang berupa tulang. Selain menjadi pondasi terbentuknya tubuh yang kuat, kerangka juga digunakan sebagai pelindung organ-organ dalam tubuh manusia.

Dalam kerangka manusia terdapat beberapa jenis tulang pembentuk yang menyumbang sekitar 20% berat badan tubuh.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis kerangka pada manusia, simak ulasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Kerangka Pada Manusia

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis kerangka pada manusia yang kami kutip dari academia, antara lain.

1. Rangka Aksial

Rangka aksial adalah jenis rangka yang mempunyai fungsi untuk melindungi organ dalam tubuh manusia. Selain itu, rangka jenis ini juga berfungsi untuk membentuk tubuh manusia untuk berdiri kokoh.

Ada 80 tulang manusia yang masuk dalam jeniss rangka aksial, antara lain.

  • Tulang tengkorak yang terbentuk dari 22 buah tulang
  • Tulang rusuk yang berjumlah 12 pasang
  • Tulang belakang yang terdiri dari 12 buah tulang punggung, 7 buah tulang leher, 5 buah tulang pinggang, 1 buah sakrum, serta 1 buah tulang ekor
  • Tulang pendengaran
  • Lalu, tulang hyoid

2. Rangka Apendikular

Jenis rangka yang kedua adalah rangka apendikular, rangka ini memungkinkan tubuh manusia bisa bergerak. Ada 126 tulang yang masuk ke dalam jenis rangka apendikular, antar alain.

  • Tiga puluh tulang rangka tubuh bagian atas, yaitu tulang hasta, tulang lengan, tulang pergelangan tangan, tulang jari-jari tangan, serta tulang pada telapak tangan.
  • Tiga puluh tulang rangka tubuh bagian bawah, yaitu tulang kering, tulang betis, tulang tempurung lutut, tulang pergelangan kaki, tulang paha, tulang jari-jari kaki, dan tulang telapak kaki.
  • Tulang panggul yang menghubungkan rangka aksial dengan tulang kaki.

Nah itulah jenis-jenis tulang yang ada di tubuh manusia. Jika anda masih bingung, silahkan tulis di kolom komentar.