jenis jenis fotografi

Jenis Jenis Fotografi

Saat ini foto sangat mudah untuk dijumpai, kita bisa menemukan foto dimana saja, mulai dari dinding ataupun pada perangkat smartphone anda. Foto bisa menampilkan berbagai subjek, mulai dari tumbuhan, pemandangan alam, hewan, dan lalin sebagainya.

Sebuah foto mempunyai nilai yang sangat tinggi, hal tersebut dikarenakan sebuah foto bisa menungkapkan beribu-ribu kata. Bahkan sebuah foto juga bisa menyampaikan arti kepada yang melihat foto tersebut.

Saat ini sudah ada banyak sekali jenis-jenis fotografi yang ada, mulai dari fotografi jurnalistik, fotografi dokumentar, fotografi aksi, dan masih banyak lagi lainnya.

5 Jenis Fotografi yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini adalah 5 jenis fotografi yang wajib anda ketahui berserta dengan penjelasannya, simak dengan baik.

1. Fotografi Jurnalistik

Jenis fotografi yang satu ini identik dengan fotografer yang expert, tapi sebenarnya jenis fotografi yang satu ini bisa dilakukan oleh fotografer beginner. Memotret foto jurnalistik bisa dibilang susah-susah gampang, pasalnya anda harus yakin dengan hasil jepretan bisa mempertahankan keaslian dari peristiwa yang terjadi.

Fotografer dengan aliran jenis ini, umumnya akan memootret selebriti atau kejadian-kejadian tertentu pada suatu negara. Industri dunia hiburan memanfaatkan foto jurnalistik untuk dimuat dalam website atau media mereka.

2. Fotografi Dokumenter

Selanjutnya ada Fotografi Dokumenter, umumnya foto dengan jenis ini bisa mendeskripsikan sebuah peristiwa hanya melalui gambar saja. Mungkin sebagian orang akan beranggapan jenis fotografi yang satu ini sama dengan fotografi jurnalistik, tapi sebenarnya berbeda. Fotografi Dokumenter ditujukan sebagai sebuah dokumen sosial atau sejarah era politik.

Sedangkan jika fotografi Jurnalistik hanya menggambarkan kejadian atau peristiwa tertentu saja. Biasanya orang yang menyukai foto dokumenter akan memotret sekumpulan orang tunawisma.

3. Fotografi Aksi

Jenis fotografi yang ketiga adalah Fotografi Aksi, fotografer yang menyukai fotografi aksi biasanya akan memotret momen-momen yang menarik pada pertandingan olahraga.

Tantangan dari fotografi aksi adalah fotografer harus mengetahui kejadian sebelum kejadian tersebut terjadi, maksudnya adalah mengira-ngira apa yang akan terjadi selanjutnya dalam suatu momen. Sehingga fotografer bisa bersiap-siap untuk melakukan foto.

Penggunaan Shutter Speed fotografi aksi biasanya tinggi, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang tidak shake.

4. Fotografi Mikro

Jenis fotografi yang satu ini menggunakan perangkat khusus, hal tersebut dikarenakan objek yang akan dipotret berukuran sangat kecil. Orang yang berkecimpung dalam dunia ilmiah, biologi, kedokteran, dan astronomi sering menggunakan jenis fotografi yang satu ini.

Namun sayangnya untuk melakukan jenis fotografi yang ini, anda harus membeli beberapa perangkat khusus.

5. Fotografi Makro

Jenis fotografi yang terkahir adalah fotografi makro, jenis fotografi ini mengharuskan fotografer mengambil gambar dengan jarak yang dekat (tapi tidak sedekat fotografi mikro). Jika anda ingin berlatih fotografi makro dengan kamera DSLR atau mirrorless, anda harus membeli lensa makro. Karena lensa kit (bawaan) biasanya tidak bisa memotret makro.

Tapi jika anda tidak memiliki budget untuk membeli lensa makro, anda bisa membeli reverse ring. Harga reverse ring biasanya berkisar dari 50-100k.

Nah itulah beberapa jenis-jenis fotografi yang harus anda ketahui. Jika anda sudah berlatih mengenai jenis fotografi, selanjutnya anda bisa berlatih untuk mengatur komposisi fotografi, supaya tatanan foto anda jadi lebih menarik dan elegan.